1. Perhatikan tabel berikut!
Hubungan yang cocok untuk organ, enzim, dan peran enzim pada proses pencernaan dalam tabel tersebut adalah ….
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
Jawaban: A
Jadi, pernyataan yang benar adalah 1 dan 2.
2. Berikut ini data hasil uji makanan yang dilakukan siswa.
Dari hasil uji makanan tersebut yang mengandung glukosa dan protein terdapat pada bahan makanan …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
Jawaban: E
Pengujian zat makanan:
• Lugol: mengetahui terkandungnya amilum
(berwarna biru tua jika positif).
• Benedict: mengetahui terkandungnya glukosa ( berwarna merah bata jika positif).
• Biuret: mengetahui terkandungnya protein
(berwarna ungu jika positif).
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Proses pencernaan protein berlangsung pada bagian yang bernomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 1 dan 2
E. 1 dan 3
Jawaban: D
Keterangan: 1 = lambung
2 = usus halus 3 = usus besar
Pencernaan protein terjadi di lambung(dengan enzim pepsin) dan usus halus (dengan enzim erepsinogen).
4. Bahan makanan yang sejak di mulut telah dicerna dengan bantuan enzim adalah ….
A. karbohidrat
B. protein
C. lemak
D. vitamin
E. mineral
Jawaban: A
Di dalam mulut terdapat enzim ptialin yang berfungsi mengubah amilum (karbohidrat) menjadi glukosa
5. Perhatikan gambar!
Jenis gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi pada gambar yang ditunjuk di atas adalah ….
A. apendisitis
B. ulkus
C. diare
D. konstipasi
E. enteritis
Jawaban: B
Bagian yang ditunjuk adalah organ lambung.
1. Apendisitis = infeksi pada usus buntu (apendiks).
2. Ulkus = rusaknya selaput dinding lambung.
3. Diare = penyerapan air tidak optimal pada usus besar, sehingga feses menjadi cair.
4. Konstipasi = pengerasan feses sehingga sulit buang air besar.
5. Enteritis = peradangan pada usus.
Jadi, gangguan pencernaan yangseringdialami pada bagian yang ditunjuk di gambar adalah ulkus
6. Perhatikan gambar di bawah ini!
Label x pada gambar di atas adalah ….
A. kardiak penghasil HCl
B. kardiak menghasilkan musin
C. pylorus menghasilkan cairan alkali
D. fundus penghasil HCl dan musin
E. fundus menghasilkan cairan alkali
Jawaban A
Bagian yang ditunjuk adalah kardiak. Kardiak berfungsi untuk menghasilkan HCl. Senyawa HCl berguna untuk memmatikan kuman penyakit
7. Dalam proses penyerapan makanan, lemak akan dipecah menjadi ….
A. asam lemak dan enzim
B. asam amino dan asam lemak
C. asam lemak dan gliserol
D. asam lemak dan glukosa
E. asam lemak dan amilum
Jawaban: C
Lemak akan dicerna oleh enzim lipase menjadi asam lemak dan gliserol. Enzim lipase ini dihasilkan pada pankreas.
8. Pernyataan manakah yang berkaitan dengan pencernaan lemak di usus halus ….
A. lemak dicema menjadi asam lemak dan gliserol
B. lemak dicema menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan getah usus dan tripsin.
C. lemak dicerna menjadi asam lemak dan asetil KoA dengan bantuan getah usus dan tripsin
D. lemak diemulsikan menjadi asam lemak dan gliserol oleh getah empedu dan lipase.
E. lemak diemulsikan oleh getah empedu, kemudian diuraikan menjadi asam lemak dan gliserol oleh steapsin.
Jawaban: E
Pencernaan lemak yang terjadi yaitu lemak diemulsikan oleh getah empedu, kemudian diuraikan menjadi asam lemak dan gliserol oleh lipase (steapsin).
9. Perhatikan tabel yang menunjukkan organ, enzim yang dihasilkan serta fungsinya berikut ini.
Pernyataan yang benar adalah ….
A. 1 , 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2 , 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3 , 4 dan 5
Jawaban: A
10. Pernyataan manakah yang berkaitan dengan pencernaan amilum di mulut ….
A. amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim ptialin
B. amilum diubahmenjadi glukosa olehenzim amilase
C. amilum diubahmenjadi glukosa olehenzim steapsin
D. amilum diubahmenjadi glukosa olehenzim ptialin
E. amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim steapsin.
Jawaban: D
Di mulut terjadi pencernaan secara kimiawi yaitu pengubahan amilum menjadi glukosa oleh enzim ptialin
11. Perhatikan organ pencernaan berikut ini!
Kelenjar yang menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3, enzim lipase, amilase, dan tripsinogen adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: B
Keterangan:
1 = lambung
2 = pankreas 3 = usus halus
4 = usus 12 jari
5 = kantung empedu
Jadi, organ yang berperan menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3, enzim lipase, amilase, dan tripsinogen adalah pankreas (nomor 2).
12. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar, erepsin dihasilkan oleh organ yang berlabel ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: E
Keterangan: 1 = hati
2 = lambung
3 = pankreas 4 = usus besar 5 = usus halus
Enzim erepsin dihasilkan oleh usus halus. Selain erepsin, usus halus juga menghasilkan enzim sukrose, laktase, maltase
13. Berikut ini beberapa kelainan sistem pencer- naan:
(1) usus besar mengabsorbsi air secara berlebihan
(2) feses menjadi kering dan keras
(3) pengeluaran feses menjadi sulit
(4) usus besar mensekresi air terlalu banyak
(5) poros usus mengalami pembengkakan Dari ciri-ciri tersebut, yang merupakan gejala sembelit adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A
Sembelit adalah kelainan dalam sistem pencernaan dengan ciri fesesnya keras. Fesesnya dapat keras dikarenakan:
(1) Usus besar mengabsorbsi air secara berlebihan.
(2) Feses menjadi kering dan keras.
(3) Pengeluaran feses menjadi sulit
14. Jenis makanan yang merupakan sumber kar- bohidrat adalah ….
A. beras, jagung, daging, susu
B. beras, jagung, kentang, telur
C. gandum, sagu, biji-bijian, ikan
D. beras, jagung, gandum, sagu
E. beras, jagung, gandum, buah-buahan
Jawaban: D
A. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), daging (protein), susu (protein)
B. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), kentang (karbohidrat), telur (protein)
C. gandum(karbohidrat), sagu (karbohidrat), biji-bijian (karbohidrat), ikan (protein)
D. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), gandum (karbohidrat), sagu (karbohid- rat)
E. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), gandum (karbohidrat), buah-buahan (protein dan vitamin)
15. Fungsi enzim tripsin adalah ….
A. mengubah protein menjadi glukosa
B. mengubah glukosa menjadi amilum
C. mengubah protein menjadi asam amino
D. mengubah amilum menjadi glukosa
E. mengubah glukosa menjadi asam amino
15. Jawaban: C
Fungsi tripsin adalah mengubah protein menjadi pepton dan asam amino.
No | Organ | Enzim | Peran Enzim |
1 | Mulut | Ptialin | Penguraian amilum |
2 | Lambung | Enzim renin | Menggumpal- kan kase-in susu |
3 | Usus halus | Tripsinogen | Penguraian pro- tein jadi pepton |
4 | Pankreas | Erepsinogen | Maltose jadi glukosa. |
5 | Hati | Steapsin | Penguraian amilum menjadi glukosa. |
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4
E. 3 dan 5
Jawaban: A
Jadi, pernyataan yang benar adalah 1 dan 2.
2. Berikut ini data hasil uji makanan yang dilakukan siswa.
Bahan makanan | Reagen | ||
Lugol | Benedict | Biuret | |
1 | Biru tua | Biru | Biru |
2 | Kuning | Merah bata | Ungu |
3 | Kuning | Merah bata | Biru |
4 | Biru tua | Merah bata | Ungu |
A. 1
B. 2
C. 3
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4
Jawaban: E
Pengujian zat makanan:
• Lugol: mengetahui terkandungnya amilum
(berwarna biru tua jika positif).
• Benedict: mengetahui terkandungnya glukosa ( berwarna merah bata jika positif).
• Biuret: mengetahui terkandungnya protein
(berwarna ungu jika positif).
3. Perhatikan gambar di bawah ini!
Proses pencernaan protein berlangsung pada bagian yang bernomor ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 1 dan 2
E. 1 dan 3
Jawaban: D
Keterangan: 1 = lambung
2 = usus halus 3 = usus besar
Pencernaan protein terjadi di lambung(dengan enzim pepsin) dan usus halus (dengan enzim erepsinogen).
4. Bahan makanan yang sejak di mulut telah dicerna dengan bantuan enzim adalah ….
A. karbohidrat
B. protein
C. lemak
D. vitamin
E. mineral
Jawaban: A
Di dalam mulut terdapat enzim ptialin yang berfungsi mengubah amilum (karbohidrat) menjadi glukosa
5. Perhatikan gambar!
Jenis gangguan sistem pencernaan yang sering terjadi pada gambar yang ditunjuk di atas adalah ….
A. apendisitis
B. ulkus
C. diare
D. konstipasi
E. enteritis
Jawaban: B
Bagian yang ditunjuk adalah organ lambung.
1. Apendisitis = infeksi pada usus buntu (apendiks).
2. Ulkus = rusaknya selaput dinding lambung.
3. Diare = penyerapan air tidak optimal pada usus besar, sehingga feses menjadi cair.
4. Konstipasi = pengerasan feses sehingga sulit buang air besar.
5. Enteritis = peradangan pada usus.
Jadi, gangguan pencernaan yangseringdialami pada bagian yang ditunjuk di gambar adalah ulkus
6. Perhatikan gambar di bawah ini!
Label x pada gambar di atas adalah ….
A. kardiak penghasil HCl
B. kardiak menghasilkan musin
C. pylorus menghasilkan cairan alkali
D. fundus penghasil HCl dan musin
E. fundus menghasilkan cairan alkali
Jawaban A
Bagian yang ditunjuk adalah kardiak. Kardiak berfungsi untuk menghasilkan HCl. Senyawa HCl berguna untuk memmatikan kuman penyakit
7. Dalam proses penyerapan makanan, lemak akan dipecah menjadi ….
A. asam lemak dan enzim
B. asam amino dan asam lemak
C. asam lemak dan gliserol
D. asam lemak dan glukosa
E. asam lemak dan amilum
Jawaban: C
Lemak akan dicerna oleh enzim lipase menjadi asam lemak dan gliserol. Enzim lipase ini dihasilkan pada pankreas.
8. Pernyataan manakah yang berkaitan dengan pencernaan lemak di usus halus ….
A. lemak dicema menjadi asam lemak dan gliserol
B. lemak dicema menjadi asam lemak dan gliserol dengan bantuan getah usus dan tripsin.
C. lemak dicerna menjadi asam lemak dan asetil KoA dengan bantuan getah usus dan tripsin
D. lemak diemulsikan menjadi asam lemak dan gliserol oleh getah empedu dan lipase.
E. lemak diemulsikan oleh getah empedu, kemudian diuraikan menjadi asam lemak dan gliserol oleh steapsin.
Jawaban: E
Pencernaan lemak yang terjadi yaitu lemak diemulsikan oleh getah empedu, kemudian diuraikan menjadi asam lemak dan gliserol oleh lipase (steapsin).
9. Perhatikan tabel yang menunjukkan organ, enzim yang dihasilkan serta fungsinya berikut ini.
Organ | Enzim | Fungsi Mengubah |
1. Kelenjar Parotis | amilase | Amilum→ Disakarida |
2. lambung | Pepsin | Protein→ Pepton |
3. Pankreas | Lipase | Lemak→ Gliserol |
4. Usus halus | Protease | Maltosa→ Glukosa |
5. kolon | enterokinase | Pepton →Asam amino |
A. 1 , 2 dan 3
B. 1, 3 dan 5
C. 2 , 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3 , 4 dan 5
Jawaban: A
10. Pernyataan manakah yang berkaitan dengan pencernaan amilum di mulut ….
A. amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim ptialin
B. amilum diubahmenjadi glukosa olehenzim amilase
C. amilum diubahmenjadi glukosa olehenzim steapsin
D. amilum diubahmenjadi glukosa olehenzim ptialin
E. amilum diubah menjadi polisakarida oleh enzim steapsin.
Jawaban: D
Di mulut terjadi pencernaan secara kimiawi yaitu pengubahan amilum menjadi glukosa oleh enzim ptialin
11. Perhatikan organ pencernaan berikut ini!
Kelenjar yang menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3, enzim lipase, amilase, dan tripsinogen adalah ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: B
Keterangan:
1 = lambung
2 = pankreas 3 = usus halus
4 = usus 12 jari
5 = kantung empedu
Jadi, organ yang berperan menghasilkan getah yang mengandung NaHCO3, enzim lipase, amilase, dan tripsinogen adalah pankreas (nomor 2).
12. Perhatikan gambar di bawah ini!
Berdasarkan gambar, erepsin dihasilkan oleh organ yang berlabel ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Jawaban: E
Keterangan: 1 = hati
2 = lambung
3 = pankreas 4 = usus besar 5 = usus halus
Enzim erepsin dihasilkan oleh usus halus. Selain erepsin, usus halus juga menghasilkan enzim sukrose, laktase, maltase
13. Berikut ini beberapa kelainan sistem pencer- naan:
(1) usus besar mengabsorbsi air secara berlebihan
(2) feses menjadi kering dan keras
(3) pengeluaran feses menjadi sulit
(4) usus besar mensekresi air terlalu banyak
(5) poros usus mengalami pembengkakan Dari ciri-ciri tersebut, yang merupakan gejala sembelit adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)
Jawaban: A
Sembelit adalah kelainan dalam sistem pencernaan dengan ciri fesesnya keras. Fesesnya dapat keras dikarenakan:
(1) Usus besar mengabsorbsi air secara berlebihan.
(2) Feses menjadi kering dan keras.
(3) Pengeluaran feses menjadi sulit
14. Jenis makanan yang merupakan sumber kar- bohidrat adalah ….
A. beras, jagung, daging, susu
B. beras, jagung, kentang, telur
C. gandum, sagu, biji-bijian, ikan
D. beras, jagung, gandum, sagu
E. beras, jagung, gandum, buah-buahan
Jawaban: D
A. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), daging (protein), susu (protein)
B. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), kentang (karbohidrat), telur (protein)
C. gandum(karbohidrat), sagu (karbohidrat), biji-bijian (karbohidrat), ikan (protein)
D. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), gandum (karbohidrat), sagu (karbohid- rat)
E. beras (karbohidrat), jagung (karbohidrat), gandum (karbohidrat), buah-buahan (protein dan vitamin)
15. Fungsi enzim tripsin adalah ….
A. mengubah protein menjadi glukosa
B. mengubah glukosa menjadi amilum
C. mengubah protein menjadi asam amino
D. mengubah amilum menjadi glukosa
E. mengubah glukosa menjadi asam amino
15. Jawaban: C
Fungsi tripsin adalah mengubah protein menjadi pepton dan asam amino.