f PROSES PEMATANGAN BUAH | Biologi

PROSES PEMATANGAN BUAH

Biohikmah - Secara alami, tanaman memproduksi hormon untuk mematangkan buah. Namun banyak petani atau pedagang banyak juga yang mematangkan buahnya dengan cara diperam. Proses ini menghasilkan gas etilen yang merambat dari  molekul ke molekul. Hal itu yang mendasari memberi kalsium karbida ( kalsium karbit ) dlam proses pematangan buah.
Karbit yang terkena uap air akan menghasilkan gas asetilen yang memiliki struktur kimia mirip dengan etilen alami, zat yang membuat proses pematangan di kulit buah. Proses fermentasi berlangsung serentak sehingga terjadi pematangan merata
Image result for buah matangSecara alami karbohidrat dalam kandungan daging buahnya berubah menjadi glukosa, yang membuat rasa manis dan melunak. Di bandingkan dengan hasil karbitan, zat pati berkurang, sehingga kemanisan juga menjadi berkurang.
Idealnya, buah memang matang di pohon. Di khawatirkan gas karbit menempel di kulit dan di serap ke dalam daging buah. Jika tertelan, menimbulkan dampak berbahaya. Tetapi kandungan vitamin dan mineral tidak mengalami perubahan.
Perlu diketahui juga buah yang dikarbit selain rasanya kurang manis, juga gampang busuk. Sementara buahnya terlihat matang dan kuning. Efek lain juga dapat  menimbulkan bercak pada kulit sehingga tampilan buah menjadi kurang menarik. (meme/irma/nila/mina/umi)

0 Response to "PROSES PEMATANGAN BUAH"