f Lembar Diskusi Siswa | Biologi

Lembar Diskusi Siswa

clip_image001clip_image003

--------METABOLISME---------

LEMBAR DISKUSI SISWA (LDS 2)

“ENZIM”

Standar Kompetensi

:

2.1.Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme

Kompetensi Dasar

:

2.1.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme

Indikator

:

- Mendeskripsikan struktur enzim

Waktu

:

3x 45 menit

Materi :

:

 

Metabolisme merupakan suatu totalitas proses kimia yang berlangsung di dalam sel. Proses tersebut hanya dapat berlangsung bila terdapat materi atau zat yang bereaksi dan mendukung energi proses metabolisme tersebut. Disamping dua komponen tersebut, masih ada lagi molekul yang mutlak diperlukan agar metabolisme berlangsung, molekul tersebut adalah ATP dan enzim. Metabolisme digolongkan menjadi dua fase yaitu Anabolisme (biosintesis) merupakan fase pembentukan molekul pemula yang lebih kecil disusun menjadi makromolekul besar yang merupakan komponen sel, seperti protein dan asam nukleat dan Katabolisme merupakan fase pemecahan yang menyebabkan molekul organik nutrien seperti karbohidrat, protein dan lemak terurai menjadi produk akhir yang lebih kecil dan sederhana seperti asam alktat, CO₂, dan amonia dengan menghasilkan energi.

Pertanyaan :

1. a. Apa yang dimaksud dengan enzim ?

clip_image004

b. Sebutkan komponen penyusun dari enzim

clip_image005

2. Jelaskan sifat-sifat enzim!

clip_image006
clip_image007
clip_image008
clip_image009
clip_image009[1]
clip_image008[1]

3. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas kerja enzim!

clip_image010
clip_image011
clip_image012
clip_image013
clip_image012[1]
clip_image014

4. Suatu enzim dapat bekerja aktif menghidrolisis suatu substrat apabila ada ikatan antara substrat dan enzim. Ada dua mekanisme kerja enzim yaitu menurut teori lock and key dan teori induced fit. Jelaskan kedua teori tersebut, lengkapi dengan gambar!

Gambar Teori Lock and key

clip_image015
clip_image016
clip_image017
clip_image017[1]
clip_image017[2]

Gambar Teori Induced Fit

clip_image018
clip_image016[1]
clip_image017[3]
clip_image017[4]
clip_image019

clip_image020clip_image020[1]clip_image020[2]clip_image020[3]clip_image020[4]

5. Bagaimanakah aturan penamaan suatu enzim? Berikan beberapa contohnya!

clip_image011[1]
clip_image021
clip_image012[2]
clip_image022

Nilai :

 

Paraf Guru :

 

Catatan :

clip_image023

clip_image025

-----------METABOLISME----------

LEMBAR KERJA SISWA (LKS 2)

“ENZIM”

Judul : Enzim Katalase

Tujuan : Mengetahui mekanisme kerja enzim katalase di dalam sel hati dan

jantung hewan

Alat dan Bahan:

Alat : Bahan:

1. Tabung reaksi 10 buah 1. Hati & jantung ayam

2. Rak tabung 1 buah 2. Aquades

3. Pipet tetes 4 buah 3. H₂O₂ (Hidrogen peroksida)

4. Lumpang porselen 4. NaCl

5. Pembakar bunsen 5. HCl

6. Kaki segitiga+kasa 6. Kapas

7. Gelas piala 7. Tisu /lap

8. Termometer

9. Korek api

10. Lidi

11. Corong

12. Pisau silet/karter

Langkah kerja:

1. Berilah label 4 buah tabung reaksi A,B,C,D dan 4 tabung yang lainnya dengan 1,2,3 dan 4

2. Hancurkan hati ayam dengan lumpang porselen sampai halus, tambahkan sedikit aquades sampai terbentuk bubur hati, kemudian saring dan masukkan kedalam tabung reaksi dengan menggunakan corong. Isikan kedalam tabung A,B,C, dan D sebanyak 1 ml.

3. Kemudian rangkai tabung sebagai berikut:

Tabung A berisi ekstrak hati saja (sebagai sampel)

Tabung B berisi ekstrak hati + HCl

Tabung C berisi ekstrak hati + NaOH

Tabung D berisi ekstrak hati + dipanaskan dalam air bersuhu 60°C

4. Isikan tabung 1,2,3 dan 4 dengan larutan H₂O₂ sebanyak 1 ml

5. Selanjutnya, tuangkan tabung 1 ketabung A, tabung 2 ketabung B, tabung 3 ke tabung C dan tabung 4 ke tabung D

6. Pada waktu mereaksikan, tutuplah tabung reaksi dengan ibu jari dan amati embentukan gelembung gas, kemudian masukan bara api pada tabung tersebut . amati keadaan bara api.

7. Masukan data hasil pengamatanmu kedalam tabel di bawah ini !

8. Setelah kegiatan selesai lumpang dibersihkan dengan aquades, kemudian lakukan langkah di atas pada jantung ayam. Perlakuan yang diberikan hanya menambahkan H₂О₂ saja bandingkan dengan tabung A!

Tabel hasil pengamatan

No

Perlakuan

Gelembung gas*

Bara api

1

Ekstrak hati + H₂О₂

   

2

Ekstrak hati + HCl + H₂О₂

   

3

Ekstrak hati + NaCl + H₂О₂

   

4

Ekstrak hati + Suhu + H₂О₂

   

5

Ekstrak jantung + H₂О₂

   

*Ket : - = bila tidak ada gelembung dan bara api +++ = bila banyak

+ = bila sedikit jumlah gelembungnya ++++ = bila banyak sekali

++ = bila sedang

Pertanyaan :

1. Pada perlakuan manakah pembentukan gelembung yang paling banyak terbentuk? Mengapa demikian?

clip_image027

2. Gas apakah yang terbentuk dari reaksi tersebut? Jelaskan berdasarkan hasil percobaanmu!

clip_image028
clip_image029

3. Apakah peranan enzim katalase?

clip_image031

4. Faktor apakah yang mempengaruhi kerja enzim katalase? Jelaskan berdasarkan hasil percobaanmu!

clip_image032

5. Di dalam sel yang hidup dihasilkan hidrogen peroksida, dari peristiwa apakah dihasilkan nya zat tersebut dan apakah yang akan terjadi bila di dalam sel tidak ada enzim katalase?

clip_image034

6. Berilah contoh enzim lain yang terlibat dalam proses metabolisme berikut peranannya!

clip_image036

7. Tuliskan persamaan reaksi dari kerja enzim katalase!

clip_image038

8. Bagaimanakah sifat enzim berdasarkan hasil percobaanmu?

clip_image040
clip_image035[1]

9. Buatlah kesimpulan dari hasil percobaanmu!

clip_image041
clip_image042

Nilai :

 

Paraf Guru :

 

Catatan :

 

Temukan Sumber Informasi lain

www.1001fakta.com

www.kurikulum2013.net

www.literaturkarya.blogspot.com

0 Response to "Lembar Diskusi Siswa"