f Fakta unik Tentang Buta Warna | Biologi

Fakta unik Tentang Buta Warna

  1. Buta warna lebih sering terjadi pada seseorang berjenis kelamin lelaki dibandingkan perempuan. Sebanyak 99% seorang buta warna tidak mampu membedakan antara warna hijau dan merah. Juga ditemukan kasus penderita yang tak bisa mengenali perbedaan antara warna merah dan hijau.

  2. Cacat mata ini merupakan kelainan genetik yang diturunkan oleh ayah atau ibu.

  3. Belum dapat dipastikan berkaitan jumlah penderita , akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan sebesar 8-12% lelaki Eropa adalah pengidap buta warna. Sementara persentase  perempuan eropa yang buta warna adalah 0,5-1%. tingkat buta warna di benua lain tentu bervariasi.

  4. Tidak ada cara mengobati buta warna, karena ia bukan penyakit melainkan cacat mata. Bisa jadi seorang buta warna akan merasa tersiksa dengan keadaan ini. sebagian perusahaan menetapkan syarat bahwa pekerjaanya harus tidak buta warna.

  5. Untuk mengetahui apakah seseorang menderita buta warna , dilakukan tes dengan menggunakanplat bernama Ishihara.

  6. Seringkali orang awam menganggap penyandang buta warna hanya mampu melihat warna hitam dan putih, seperti menonton film bisu hitam putih. Anggapan ini sebenarnya salah besar.

  7. banteng ternyata buta warna. kesan yang ditimbulkan warna merah mengakibatkan binatang tersebut melonjak emosinya, bukan akibat warna merah itu sendiri.

  8. Pada perang dunia II , serdadu yang buta warna dikirim untuk melkukan misi tertentu. ketidakmampuan mereka untuk melihat warna hijau difungsikan untuk mendeteksi adanya kamuflase yang dilakukan pihak lawan.

  9. Setiap orang terlahir buta warna saat pertama kali lahir.

  10. penyandang buta warna selalu dihantui oleh pertanyaan "Warna Apakah Ini?"

  11. Dampak burukpenyakit buta warna kebanyakan dirasakan saat akan melamar kerja,  masuk ke suatu program studi yang memang intensif dengan warna seperti bidang kimia,teknik,angkatan,dokter,arsitektur.
    buta warna

0 Response to "Fakta unik Tentang Buta Warna"