f Soal dan Pembahasan SKL Biologi Tentang Objek Biologi | Biologi

Soal dan Pembahasan SKL Biologi Tentang Objek Biologi



1.             Perhatikan beberapa ciri-ciri makhluk hidup berikut!!!
a)        Memerlukan nutrisi
b)        Melakukan metabolisme
c)        Bergerak
d)        Reproduksi
Dari ciri-ciri di atas, manakah ciri-ciri makhluk hidup yang benar . . .
A.       a, b, d                                          D.   Semua benar
B.       hanya b                                        E.    b dan c
C.       a, c, d
PEMBAHASAN
Jawaban : D
Objek kajian biologi adalah makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mempunyai ciri-ciri berupa gejala-gejala hidup yang membedakannya dengan makhluk tak hidup dan benda mati. Ciri-ciri makhluk hidup antara lain memerlukan nutrisi, melakukan metabolisme (bernapas, ekskresi, dan sebagainya), melakukan gerak dan transportasi, iritabilitas, dapat beradaptasi, reproduksi, tumbuh dan berkembang, memiliki susunan tubuh tertentu.
2.             Salah satu ciri makhluk hidup adalah iritabilitas. Salah satu contohnya adalah . . .
A.       Makhluk hidup mampu beradaptasi   
B.       Tanaman yang dapat berfotosintesis
C.     Makhluk hidup yang mampu bereproduksi
D.       Hewan yang mengeluarkan sisa metabolisme melalui proses ekresi
E.        Tanaman yang condong ke arah luar jendela
PEMBAHASAN
Jawaban : E
Iritabilitas adalah gerak makhluk hidup menerima sebuah rangsangan dari lingkungannya.
3.             Salah satu bentuk gerak autonom pada tumbuhan adalah . . .
A.       Gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh
B.       Gerak akar tanaman menuju ke inti bumi
C.       Gerak tanaman menuju sumber cahaya
D.       Gerak tanaman karena diterpa angin
E.        Gerak merambat tanaman ke tanaman lainnya
PEMBAHASAN
Jawaban : A
Gerak autonom yaitu gerak yang dipengaruhi rangsang yang berasal dari dalam tubuh tumbuhan itu sendiri, disebut juga gerak endonom. Contoh: gerak mengalirnya sitoplasma dalam sel dan gerak melengkungnya kuncup daun karena perbedaan kecepatan tumbuh.
4.             Akar tumbuhan akan selalu menuju pusat bumi dan rangsangan seperti air, gerak tanaman yang menuju sumber rangsangan berupa air disebut . . .
A.      Autonom                                     D.   Tikmotropisme
B.       Augmentasi                                 E.    Hidrotropisme
C.       Fototropisme
PEMBAHASAN
Jawaban : E
Gerak hidrotropisme adalah gerak tumbuhan karena pengaruh air seperti akar.
5.             Perhatikan gambar berikut!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgUr7XEpabBR9g0B7AYWQoAgDJFKkYhjBdeO93GKV4wil5S10SqKTdDsYwwNZMNQanvkMltJgXy-rEe6O4FqnGmiH-W9dMp3JO3rRwHAIina3GNzedTfk-qVpGGpiX4NGlymmhiOab92To/s200/fototropisme.png
Gambar di atas menunjukkan . . .
A.     Gerak fototropisme                       D.   Gerak hidrotropisme
B.     Gerak taksis                                  E.    Gerak autonom
C.     Gerak geotropisme
PEMBAHASAN
Jawaban : A
Gerak tumbuhan karena pengaruh rangsangan berupa cahaya seperti gerak tumbuhan yang condong menuju cahaya matahari adalah gerak fototropisme.
6.             Gerak membelitnya atau membeloknya sulur kacang dan mentimun disebut gerak tikmotropisme, istilah lain dari gerak tersebut adalah . . .
A.     Gerak autonom                             D.   Gerak taksis
B.     Gerak haptotropisme                    E.    Gerak heliotropisme
C.     Gerak geotropisme
PEMBAHASAN
Jawaban : B
Tikmotropisme / haptotropisme adalah gerak bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsang sentuhan / persinggungan.
7.             Menurut Darwin, manusia berkerabat dekat dengan kera, pernyataan tersebut dipelajari pada cabang biologi . . .
A.     Sitologi                                         D.   Asal-usul kehidupan
B.     Virologi                                        E.    Iktiologi
C.     Evolusi
PEMBAHASAN
Jawaban : C
Evolusi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangan makhluk hidup dari bentuk sederhana hingga bentuk yang sempurna.
8.             Struktur dan jaringan tubuh akan dipelajari pada cabang biologi . . .
A.     Histologi                                       D.   Taksonomi
B.     Fisiologi                                        E.    Anatomi
C.     Paleontologi
PEMBAHASAN
Jawaban : A
Histologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang struktur dan fungsi jaringan tubuh.
9.             Peran E. coli di dalam sungai, penyebaran Salmonella tyfosa di kota Bandung, dll, merupakan bentuk penelitian dan pembahasan . . .
A.     Taksonomi                                    D.   Mikrobiologi
B.     Ekologi                                         E.    Evolusi
C.     Virologi
PEMBAHASAN
Jawaban : D
Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk mikroorganisme (bakteri, virus, protozoa, jamur) baik yang bersifat parasit maupun yang menguntungkan.
10.         Peran jamur Amanita di dalam kehidupan akan dipelajari pada cabang ilmu biologi . . .
A.     Morfologi                                     D.   Entomologi
B.     Bakteriologi                                  E.    Virologi
C.     Mikologi
PEMBAHASAN
Jawaban : C
Mikologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari mengenai segala hal tentang jamur. Mulai dari ciri-cirinya, reproduksinya, pengelompokannya, hingga perannya di dalam lingkungan / ekosistem.
11.         Yang merupakan bagian dari ilmu histologi adalah . . .
A.     Mikologi                                       D.   Evolusi
B.     Ekologi                                         E.    Sitologi
C.     Morfologi
PEMBAHASAN
Jawaban : E
Sitologi adalah ilmu biologi yang merupakan bagian dari ilmu histologi. Sitologi lebih menitikberatkan pada penelitian dan pembahasan mengenai seluk-beluk sel.
12.         Contoh eutrofikasi adalah . . .
A.     Pembuangan sampah yang sembarangan sehingga membuat sungai kotor
B.     Pemburuan liar sehingga akan menyebabkan terjadinya kepunahan
C.     Penggunaan kulkas dapat menyebabkan penipisan ozon
D.       Pengayaan nutrien pada air sehingga ganggang tumbuh sangat cepat menutupi perairan yang menghabiskan persediaan oksigen dalam air sehingga ikan-ikan mati
E.        Es di kutub utara mencair karena pemanasan global
PEMBAHASAN
Jawaban : D
Ketika diperkenalkan revolusi hijau, penggunaan pupuk yang meningkat menimbulkan akibat buruk berupa pencemaran air dan tanah sehingga di beberapa tempat muncul eutrofikasi, yaitu Pengayaan nutrien pada air sehingga ganggang tumbuh sangat cepat menutupi perairan yang menghabiskan persediaan oksigen dalam air sehingga ikan-ikan di perairan itu mati.
13.         Dahulu orang menganggap penyakit merupakan suatu kutukan dari Tuhan atau karena udara buruk. Oleh karena itu, dibutukannya ilmu biologi di bidang . . .
A.     Pertanian                                       C.    Kedokteran                                E.    Sosial
B.     Perlindungan anak                        D.   Kesejahteraan pangan
PEMBAHASAN
Jawaban : C
Dahulu orang menganggap penyakit merupakan suatu kutukan dari Tuhan atau karena udara buruk. Contohnya, penyakit malaria berasal dari kata mala yang artinya buruk dan aria yang berarti udara. Pengobatan penyakit dahulu umumnya tidak membuahkan hasil yang memuaskan. Sekarang, orang modern akan mencari tahu penyebab penyakit tersebut dan mengusahakan pengobatan atau pencegahannya. Kemajuan bidang kedokteran tidak lepas dari dukungan ilmu biologi dan ilmu-ilmu lainnya.
14.         Kultur jaringan merupakan peran ilmu biologi dalam bidang . . .
A.       Pertanian                                      C.    Kedokteran                                E.    Sosial
B.       Perlindungan anak                       D.   Kesejahteraan pangan
PEMBAHASAN
Jawabannya : A
Kemajuan ilmu biologi berperan dalam peningkatan sumber daya pangan, kemajuan teknologi alat pertanian, penggunaan pupuk secara tepat dan pemilihan bibit unggul. Bahkan rekayasa genetika, teknik kloning, pemeliharaan dan pembudidayaan tanaman secara modern (kultur jaringan dan genetika) semakin terkendali.
15.         Cabang ilmu biologi yang mempelajari penyebab penyakit malaria adalah . . .
A.     Parasitologi                                   D.   Virologi
B.     Entomologi                                   E.    Protozoologi
C.     Helmintologi
PEMBAHASAN
Jawaban : A
Parasitologi mempelajari tentang parasit, inangnya, dan hubungan di antara keduanya.
16.         Cacing akan dipelajari pada cabang ilmu biologi  . . .
A.     Parasitologi                                   D.   Virologi
B.     Entomologi                                   E.    Protozoologi
C.     Helmintologi
PEMBAHASAN
Jawaban : C
Helmintologi adalah ilmu biologi yang mempelajari mengenai helminthes / cacing.
17.         Istilah lain morfogenesis adalah . . .
A.     Morfospora                                   D.   Helmintologi
B.     Biogenesis                                    E.    Ontogeni
C.     Abiogenesis
PEMBAHASAN
Jawaban : E
Ontogeni (atau ontogenesis, morfogenesis) mendeskripsikan asal usul dan perkembangan organisme sejak dari telur yang dibuahi ke bentuk dewasanya.

0 Response to "Soal dan Pembahasan SKL Biologi Tentang Objek Biologi"