f Soal dan Pembahasan SKL Biologi Tentang Daur Biogeokimia | Biologi

Soal dan Pembahasan SKL Biologi Tentang Daur Biogeokimia



SOAL UN BIOLOGI SMA | Aliran Energi atau Daur Biogeokimia

Daur BIOGEOKIMIA merupakan Daur energi meliputi Daur fosfor, daur air, daur nitrogen, daur carbon, daur nitrogen, daur oksigen, yang melibatkan mahluk hidup antara lain manusia, hewan, tumbuhan, dan juga  mikroorganisme berupa dekompresor.

Fungsi daur Biogeokimia untuk menjaga kelangsungan mahkluk hidup di bumi, sebab hasil dari Biogeokimia akan di pakai oleh semua komponen yang ada di bumi, entah itu komponen biotik maupun abiotik.


Adapun Macam-macam dari BIOGEOKIMIA sebagai berikut.
Tumbuhan dan tanaman menyerap air dari dalam tanah, dan hewan minum air atau makan hewan, yang sebagian besar terbuat dari air. Ketika tumbuhan dan tanaman melalui proses transpirasi (saat itulah air menguap dari daun dan lebih banyak air ditarik ke atas dari akar tanaman dan keluar melalui sel-sel pada permukaan daun), mereka mengeluarkan air. Ketika hewan membuat keringat, mereka melepaskan air, yang menguap ke atmosfer. Air juga dilepaskan dari tumbuhan dan hewan karena mereka membusuk. Membusuk jaringan menjadi dehidrasi, yang adalah apa yang menyebabkan jaringan kering-out untuk memecah dan jatuh ke tanah.

Ketika air menguap ke udara, angin bergerak udara di atas badan air, dan curah hujan (hujan, salju, hujan es, hujan es) melepaskan air ke dalam tubuh lebih besar dari air seperti danau, sungai, lautan, dan bahkan gletser. Air dari curah hujan dan jaringan membusuk juga masuk ke air tanah, yang pada akhirnya memasok tubuh lebih besar dari air.


Berikut ini Contoh Soal dan Pembahasannya ujian nasional tentang Daur Biogeokimia
Perhatikan diagram daur hidrologi berikut ini!

Bila X terbakar habis, dampak yang terjadi adalah ....
A. aliran air berkurang
B. tidak memengaruhi persediaan air di hutan
C. bertambah besarnya aliran air dari gunung
D. bertambah besar proses evapotranspirasi
E. bertambah besar daya serap humus

Pembahasan

Peranan akar tumbuhan, selain untuk memperkokoh berdirinya batang, penyerapan air dan unsur hara, juga akar berperan dalam mengikat tanah agar tidak longsor, serta dapat menyimpan air dalam tanah. Jika tumbuhan ditebang sehingga hutan menjadi gundul, kemudian terjadi hujan, maka tanah tersebut akan mengalami erosi. Tidak ada lagi yang bisa menyerap air sehingga aliran air akan semakin deras.
Jawaban: C